Review website tanyapsikolog.com

Tugas Soft Skill

Dengan berkembangnya jaman serta pesatnya pertumbuhan ilmu tekhnologi sekarang semua orang bisa mengakses apapun secara online melalui internet seperti berbelanja, memesan makanan, mencari jodoh, bahkan ranah psikologi juga tidak mau kalah sekarang kita semua bisa berkonsultasi secara online disalah satu website konsultasi psikologi. Kalian semua bisa cek websitenya di http://www.tanyapsikolog.com/
            Nah untuk itu, kali ini saya akan sedikit membahas dan mereview tentang website tersebut sesuai kemampuan saya.
            Oke, pertama akan sedikit saya jelaskan tentang apa itu website http://www.tanyapsikolog.com/ ? Website ini adalah website untuk “curhat” atau konsultasi tentang apa saja masalah kamu yang nantinya akan dijawab atau dibantu oleh beberapa konsultan yang ada. Pada bagian bawah website ini terdapat sedikit description atau penjelasan tentang website ini yang bertuliskan ”Konsultasi Psikologi, Tanya Psikolog, Problem Anak, Problem Rumah Tangga, Problem Remaja, Putus Cinta, Patah Hati, Suami Selingkuh, Suami Kawin Lagi, Wanita Idaman Lain, Curhat, Putus Cinta, Anak Autis” wah kalo dilihat dari descriptionnya sih sepertinya sangat meyakinkan ya kalo website ini bisa membantu masalah kita semua.
Cara untuk konsultasi diwebsite ini sangat mudah, kamu hanya perlu mengisi form konsultasi dengan memasukkan nama samaran, email, kemudian isi pertanyaan kamu dikolom pertanyaan pada halaman home diwebsite ini. Selain itu di website ini kamu juga bisa melihat konten tanya jawab yang berisikan pertanyaan yang sudah di jawab oleh beberapa konsultan, juga terdapat berbagai artikel berita, dan kamu juga bisa melihat list dari konsultannya.
Pada konten tanya jawab terdapat pertanyaan yang sudah dijawab oleh para konsultan, salah satunya seperti pertanyaan ini :
Ass..saat nih sya sedang mengalami tekanan bathin,sya orang'y pendiam,sulit bersosialisasi dan kadang tmn sndri suka bilang sya "lemot".semua itu bkin sya rendah diri dan itu menjadi beban bathin sya smpai skrg.gmna cara'y ya biar orang lain menjadi nyaman dkat sya,trs cara nya ngilangin sifat2 itu? Terima kasih
Kemudian dijawab oleh konsultan :
Dear Liana.
Tekanan batin terjadi  pada dasarnya karena diri kita selalu tidak kuasa menghadapi pemahaman diri yang mengatakan diri kita ini buruk, tidak mampu, banyak memiliki kekurangan dan pemikiran negatif lainnya. Karunia potensi yang kita miliki terpendam rapat-rapat tidak diberi kesempatan untuk membela diri sehingga mampu mensejajarkan dengan orang lain.
Sifat pendiam, pemalu ataupun kurang sigap dalam berpikir  pada diri kita janganlah menjadi penghalang untuk berbuat sessuatu yang berarti dalam hidup ini. Komentar orang lain , jangan dimasukan hati. Terimalah dan jadikan sebagai pemicu  semangat untuk berbuat kebaikan lainnya. Apabila kita tidak sepintar orang lain misalnya, maka asah kecakapan dan keterampilan diri lainnya seperti ketekunan dalam bekerja, kerapihan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan, kerapihan dalam menata sesuatunya, keringan hati dan tangan untuk menolong orang lain dan masih banyak hal-hal baik yang kita lakukan. 
Dengan membangun sikap positif dalam menyikapi hidup membuat diri ini selalu mempunyai energi kehidupan yang bisa menjadi penguat bagi orang lain disekeliling kita. Batin akan nyaman, pikiran selalu terbuka dan terang dalam mencari solusi permasalahan yang selalu muncul dalam setiap detik kehidupan.
Demikian Liana, tanggapan saya yang singkat ini semoga dapat membantu.
Salam.
            Dari cara menjawabnya sudah cukup meyankinkan bahwa konsultan tersebut adalah seorang psikolog yang dapat membantu permasalahan kita. Namun sayangnya tidak semua pertanyaan dijawab, masih cukup banyak pertanyaan yang belum mendapatkan respon dari konsultan. Padahal kalo kita lihat dari jumlah konsultan pada list konsultan, jumlah konsultannya cukup banyak.
            Jika kamu merasa belum puas dengan jawaban dari konsultan dan ingin bertatap muka langsung dengannya, kamu bisa memasukkan nama, no telpon, email dan pertanyaan kamu pada konten “kontak”. Wow !!
Di website ini kita juga bisa melihat list konsultan. Kita bisa melihat siapa saja konsultannya, lengkap dengan gelar, jenis kelamin, pendidikan, pengalaman bekerja dan alamatnya. Kita juga bisa membaca banyak artikel dan berita tentang psikologi karena pada website ini menyediakan konten seperti itu. Cukup menambah wawasan kita ya!
Selain itu untuk para psikolog atau para calon konsultan yang ingin ikut terlibat membantu menjawab pertanyaan diwebsite ini, kalian bisa mendaftar menjadi konsultan pada konten “mendaftar Konsultan”. Kalian hanya perlu memasukkan data diri kalian, seperti nama, alamat, pendidikan, dan pengalaman kalian dihalaman tersebut.
Jadi apa website ini membantu kita atau tidak ?
Berikut ini saya akan membahas kelebihan dan kekurangan website ini menurut pendapat pribadi saya. Let’s check this out bae !
·                   Kelebihan
-          Website ini sangat mudah diakses oleh siapa saja dan dimana saja
-          Kita dapat menyamarkan nama asli kita
-          Terdapat banyak artikel dan berita yang berhubungan tentang psikologi
-          Konsultan akan menjawab apa saja masalah kita
-          Kita dapat melihat data diri konsultan
-          Kita bisa mendaftarkan diri sebagai konsultan diwebsite ini
-          Jika tertarik, kita dapat berkonsultasi langsung dengan para konsultan
·                   Kekurangan
-          Karena bisa diakses oleh siapa saja, maka dikhawatirkan data diri yang kita masukkan bisa disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab
-          Artikel dan berita yang dimuat tidak jelas siapa penulisnya karena rata-rata hanya dikutip dari beberapa blog dan website psikologi
-          Kita tidak mengetahui latar belakang para konsultan dengan jelas, meskipun terdapat data dirinya namun kita tidak bisa memastikan apakah data tersebut asli atau tidak
-          Jawaban dari konsultan kurang bisa dipertanggung jawabkan dan tidak ada dasar teorinya karena beberapa konsultan bukanlah seorang psikolog atau sarjana psikologi atau bekerja di bidang psikologi
-          Tidak terdapat pengesahan dari HIMPSI atau himpunan psikologi lainnya
            Sedikit saran dari saya untuk kalian yang sudah terlanjur menggunakan website tersebut untuk “curhat” sebaiknya lebih berhati-hati lagi karena akan sangat merugikan diri jika data diri kalian disalahgunakan. Untuk pemilik atau pencipta website http://www.tanyapsikolog.com/sebaiknya meningkatkan keamanan dan kerahasiaan dari data diri para pengguna website ini untuk mencegah kejahatan yang nantinya akan timbul dan lebih menyaring lagi siapa saja yang bisa mendaftar sebagai konsultan. Dan untuk para konsultan dalam menjawab pertanyaan yang ada sebaiknya lebih baik lagi penyampainnya, dan menjawab berdasarkan teori psikologi.
Dari review saya diatas saya yakin kalian bisa menilai apakah website tersebut bermanfaat untuk kalian atau tidak. Dan menggunakan website tersebut sebaik mungkin serta tidak menyalahgunakannya. Dan semoga kita bisa lebih bijak lagi dalam menggunakan tekhnologi.
            Sebelumnya saya meminta maaf jika masih banyak kekurangan dan kesalahan dari penulisan dan cara penyampaian. Semoga tulisan saya ini bermanfaat untuk kita semua.

Komentar

Postingan Populer